Beranda | Artikel
Seri Faidah Ushul Tsalatsah [3]
Rabu, 11 Mei 2016

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah mengatakan, “… wajib atas kita untuk mempelajari empat perkara…”

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, “Perkara-perkara yang akan disebutkan oleh penulis rahimahullahu ta’ala ini adalah mencakup seluruh bagian dari agama. Oleh sebab itu ia sangat layak untuk diperhatikan karena besarnya manfaat yang terkandung di dalamnya.” (lihat Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah karya Syaikh Utsaimin, hal. 19)

Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata, “… Apabila kita meninggalkan belajar ilmu tentang perkara-perkara ini maka kita berdosa. Karena seperti itulah hukum perkara yang wajib. Beliau tidak mengatakan ‘dianjurkan bagi kita’ atau ‘sebaiknya kita lakukan’ tetapi beliau mengatakan bahwa hal ini adalah sesuatu yang benar-benar wajib atas kita…” (lihat Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah karya Syaikh al-Fauzan, hal. 15)

Syaikh Abdul Karim al-Khudhair hafizhahullah menerangkan, “…Bahkan setiap muslim wajib untuk mengetahui perkara-perkara ini. Karena ia merupakan sesuatu yang sangat mendesak untuk diketahui olehnya. Di dalamnya terdapat pokok-pokok yang melandasi seluruh ajaran agama. Bahkan, perkara-perkara ini telah mencakup semua bagian agama, sedangkan perkara lainnya merupakan cabang-cabang darinya.” (lihat Transkrip Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah oleh Syaikh Abdul Karim al-Khudhair, bagian 1 hal. 5)

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari keterangan di atas ialah :

– Keempat perkara yang akan disampaikan oleh Syaikh Muhammad adalah wajib
– Keempar perkara ini mencakup seluruh ajaran agama
– Keempat perkara ini memberikan manfaat yang sangat besar
– Keempat perkara ini menjadi landasan dalam beragama
– Mempelajari keempat perkara ini sesuatu yang sangat mendesak bagi kita

Keempat perkara yang dimaksud adalah ilmu, amal, dakwah dan sabar. Keempat hal ini merupakan kesimpulan dari kandungan surat al-‘Ashr. Insya Allah keterangan lebih rinci akan kita bahas secara bertahap dalam seri faidah yang akan datang.

Semoga bermanfaat.

banner donasi buku Nasihat-Nasihat Ramadhan2 ungu

13161437_1148053231881733_776771499_o

 

 


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/seri-faidah-ushul-tsalatsah-3/